Berlangganan

Friday 25 February 2011

Polymer Families

Polymer Families
Bahan plastik adalah hasil dari kombinasi unsur-unsur karbon yang bereaksi dengan oksigen, hidrogen, nitrogen, dan unsur-unsur organik dan anorganik yang lainnya.Polimer juga dapat berubah menjadi cair (mencair), dan mampu dibentuk menjadi bentuk yang lain oleh suatu proses dengan menggunakan panas dan tekanan.
Plastics are a family of materials,yang berarti plastik adalah bahan campuran/kombinasi,bukan tipe materi tunggal.
Plastik terdiri dari berbagai polimer dan senyawa dengan masing-masing jenis bahan yang memiliki jenis unik dan sifat yang khusus.
Kebanyakan plastik termasuk ke dalam salah satu kelompok berikut: termoplastik, elastomer termoplastik, injeksi cair cetakan elastomer, thermoset, dan karet thermoset.

Sedangkan thermoplastic resins adalah jenis material yang terdiri suatu zat dari rantai yang panjang dari susunan molekul-molekul, baik linear atau bercabang, memiliki rantai samping atau kelompok terikat ke molekul polimer lain.
Biasanya, bentuk-bentuk dari bahan termoplastik yang pil(seperti kapsul), butiran ataupun bubuk. Bahan-bahan ini bisa berulang kali mencair dengan proses pemanasan serta tekanan sehingga mereka dapat dibentuk, kemudian didinginkan dan mengeras menjadi bentuk akhir yang diinginkan.
perubahan kimia tidak terjadi selama proses transformasi. contohnya sebuah blok lilin yang dapat dilelehkan oleh panas, setelah mencair lalu dituangkan ke dalam molding, kemudian didinginkan menjadi padat kembali.

Termoplastik elastomer (TPE) resin adalah bahan karet dengan karakteristik dari termoplastik dan sifat kinerja dari karet termoset.
TPE diproses menggunakan peralatan termoplastik yang sama dan metode, seperti sebagai ekstrusi, injection molding, dan blow molding.

picture courtesy : innovscience.com
MoldingzonE

1 komentar :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda.
Komentar yang melanggar aturan akan dihapus tanpa pemberitahuan dahulu.