Berlangganan

Friday 25 February 2011

Type Injection Moldbase

Moldbase Type SC
Moldbase adalah komponen utama untuk membuat molding/mold dari beberapa komponen penting yang lain.moldbase sendiri terbagi dalam beberapa macam sesuai fungsi dan keperluannya.moldbase saat ini telah banyak di produksi oleh perusahaan besar sampai yang kecil,karena produksi molding saat ini sangat meningkat dampaknya saat ini banyak perusahaan baru yang memproduksi moldbase,baik local ataupun dari luar.dari luar negeri khususnya dinegara tirai bambu yaitu "CINA",Korea,Taiwan dan ada banyak negara lainnya dimana molding sangat pesat berkembang di negara-negara tersebut.

Untuk pasaran moldbase banyak produsen moldbase lama yang berasal dari negara maju,contohnya dari jepang dan korea serta dari daratan benua eropa yang merupakan sejarah awal munculnya plastik/molding. Balau dari benua Afrika sepertinya belum ada prosuden moldbase yang berasal dari benua itu.beberapa merk dagang untuk moldbase yang terkenal antara lain Futaba, HASCO, LKM, Meusburger, Misumi, Pedrotti, Polimold, Sideco, DME, KISHIN .

FUTABA, LKM dan KISHIN menganut standart JIS dan ISO,sedangkan HASCO dan DME lebih ke standart eropa walau nyatanya saat ini produsen moldbase manapun dapat membuat moldbase dengan standart apapun ataupun tak standart (Spesial/Custom).

Standart struktur Moldbase dibagi menjadi 2 jenis besar (sebagai contoh kita gunakan moldbase dari FUTABA),yaitu :

Side gate [2 Plate] ,[Kode type dalam strukture MOLDBASE : SA, SB, SC, SD]
Pin Point [3 Plate] ,[Kode type dalam strukture MOLDBASE : DA, DB, DC, DD, EA, EB, EC, ED, FA, FC, GA, GC]


Tentunya dengan bermacam-macam jenis moldbase semakin mudah juga untuk design molding yang sederhana sampai yang rumit, dari yang cold system sampai ke hot system.
cukup ini saja sementara,untuk postingan moldbase yang lainnya dilanjutkan di posting selanjutnya.


MoldingzonE

1 komentar :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda.
Komentar yang melanggar aturan akan dihapus tanpa pemberitahuan dahulu.